Saturday, January 6, 2018

Resolusi 2018


Ngga kerasa udah di awal tahun lagi. 2018. Biasanya setiap awal tahun saya selalu bikin resolusi mau ngapain aja tahun ini? apa yang mau dicapai? atau bahkan apa aja yang pengen di beli tahun ini? Tapi tahun ini tiba-tiba saya nge-Blank banget mau ngapain? mau apa yang dicapai? pengen beli apa? (kalau ini sih ga usah ditanyain sebenernya, semuanya mau dibeli--hahahhaa). Jadi kira-kira apa ya resolusi tahun 2018?

Setelah kepindahan saya ke Bandung jujur aja sepertinya semua keinginan saya sudah tercapai. Jadi kaya awal tahun gini waktu ditanya resolusinya apa? Apa yaa? (sambil mikir hahahaa). Yang pasti tahun ini tuh saya pengen jadi lebih baik lagi. Lebih baik dari sisi mana nih? Semuanyalaah..  hahahaha.

#1
Personal Development

Saya ingin menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Jadi Orang yang lebih sabar. Jadi orang yang ga cepet puas. Cepet puas sama ilmu yang udah di dapet. Harus terus belajar lagi lagi dan lagi. Latihan lagi lagi dan lagi. Tahun ini berusaha untuk menjalani sesuatu dengan ringan, ga mau mikir berat-berat (badan saya aja udah berat jangan ditambah sama pikiran lagi). Pengen ngejalanin yang seneng-seneng, yaitu ngjalanin hal-hal yang saya suka, main bersama anak anak dan suami, mentertawakan hal-hal kecil dengan mereka atau bahkan hanya sekedar menyalurkan hobi saya, crocheting, menulis (nulis blog maksudnya hahhaa blm bakat jd penulis buku mah hahahaha).

#2
Spiritual

Saya ingin beribadah lebih baik lagi. Saya merasa tahun-tahun kemaren ibadah saya seperti keteteran. Sholat yang masih belang betong, puasa senin kamis yang selalu terlewatkan. Sekarang berusaha mendisiplinkan diri lagi supaya sholat tepat waktu jadi ga keteteran dan ketinggalan. Berusaha nahan nafsu nih hehehe nafsu makan nih godaan puasa senen kamis. Dulu alasan saya karna senen berangkat dari jakarta nanti lapar lah.. atau pas hari kamis karna nge-Kost susah nyari makan lah buat sahur (maklum kalo puasa harus diisi nih perutnya), padahal sih semua sebenernya tergantung niat. Belajar lagi tentang agama, kemaren-kemaren kayanya kebanyakan megang hp cuma buat buka online shop daripada belajarnya hehhee. Lebih banyak sedekah daripada belanja Online hehehe  (ini nih catatan penting banget).

#3
Family & Friends

Setelah melewati beberapa tahun ke belakang yang jauh dari keluarga, dari anak-anak. Saya merasa sepertinya saya hutang waktu untuk mereka walaupun sebenernya waktu yang hilang ga akan pernah tergantikan. Jadi karna itulah tahun ini saya bener-bener pengen meluangkan waktu sepenuhnya untuk keluarga, untuk anak-anak, mencurahkan perhatian sepenuhnya untuk anak-anak, ya walaupun emang masih harus kerja sih -hehehe- tapi buat saya mereka yang terpenting. Saya seperti ingin mengganti waktu-waktu yang hilang ya itu walaupun sebenernya sekali lagi waktu itu ga bisa diganti, so beruntunglah ibu-ibu yang bisa tetap bekerja dekat dengan anak-anaknya. Saya sempat merasakan jauh dari anak anak hampir 4 tahun dan rasanya sudah cukup dehh ga akan pernah mau lagi.

Tahun ini insyaallah bakalan selalu kumpul sama mama juga, setelah bertahun-tahun LDR an, Saya ingin bisa memberikan perhatian lebih untuk mama. Semoga saya bisa jadi anak yang selalu menyenangkan orang tua, mama. Aamiin.

Teman-teman. They are part of my life too. Tempat berbagi di luar keluarga. Tempat menumpahkan segala unek-unek bahkan sampah sampah, tempat berbagi tawa. Pengen tetep selalu bisa menjaga silaturahmi dengan temen-temen baik yang di Bandung maupun yang di Jakarta. Berusaha menjadi temen yang sebisa mungkin membantu temennya disaat mereka butuhkan. Walaupun cuma sekedar share ilmu atau bantu doa ya kaan? dari hal-hal kecil tapi berarti.

#4
Marriage

Saya ngejalanin LDR selama 9 tahun sama suami, dan setelah kepindahan saya kembali ke Bandung, setelah itu kami berdua berkomitmen buat ga ada lagi LDR diantara kita. Ya semoga selalu diberi jalan buat selalu bersama. Saya rasa dengan selalu bersama saya merasa jadi istri seutuhnya. Bisa melayani suami lebih baik. Bisa masakin makanan setiap hari. Menyiapkan semua kebutuhannya setiap hari. 9 Tahun kemaren kemana aja ya? Ketemu sabtu-minggu doank masak juga kadang-kadang kalo ga kepotong sama acara-acara weekend. (hehehe jadi curhat). Harapannya ya bisa jadi istri yang sabar, sabar nemenin suami disaat susah atau seneng (klise sih-tapi hal kaya gini "susah-seneng" terjadi #keepitreal). Bisa jadi istri sesuai harapan suami, walau sekedar harapan bisa masakin dia masakan yang enak setiap hari, atau masakin pete setiap minggu. Jangan kan pete jengkol juga saya masakin-hahahhaa).

Setelah punya dua bocah tentunya susah banget punya waktu berdua-duaan. Sekarang karna anak pertama sudah besar dan tau aja kalau ibu bapanya mau keluar. Jadi kalau tiba tiba harus pergi berdua (like we have a movie time-date time) musti ijin dulu nih sama si sulung dan nunggu si bungsu tidur dulu supaya ga terjadi drama hahahhaa.

Iya emang susah banget punya waktu "berdua", me time berdua. Ya walaupun udah punya anak kan tetep maunya pacaran terus. Romantis-romantisan (eeeaaa) biar sayangnya makin nambah nambah. hahaha. Nah ya gimana caranya punya quality time berdua nih ditengah-tengah kehebohan anak anak yang selalu ngintil kemanapun. Tahun ini mungkin ga harus metime dengan pergi untuk movie date. tapi mungkin dengan hal lain misalnya duduk diteras berdua ngobrol. hahahah alamakkk (butuh loh ini bener gaaa?

#5
Finance

Nih highlight banget buat saya, mengingat saya adalah si Tukang Belanja.  Tahun ini semoga menjadi orang yang Sabar. Sabar nahan godaan belanja yang melanda (hahahaha). Belanja-belanja ga penting. Ini nih hal dalam diri saya yang bener-bener pengen saya rubah. Tukang Belanja. Sekarang belajar untuk belanja emang yang bener-bener dibutuhin. Ga akan beli sebelum barang dirumah habis atau rusak. Ya emang susah sih, kepikiran terus. Tapi saya pikir saya harus bertahan menahan godaan, sekali goyah sepertinya saya akan tetap menjadi orang yang sama. 

#6
Healthy

Saya tuh dulu orang yang malesan banget olah raga. Disuruh olah raga mager rasanya. Pertama kali tergerak untuk olah raga itu pas mau nikah karna merasa harus mengecilkan badan. Kebayang padahal dulu berat badan saya ga segini. Nah makin kesini? Niat sih ada (ya adaaa) hahaha secara ya berat badan ini semakin bertambah, jarum timbangan makin kekanan arahnya. Ah sudahlah. Resolusi saya bahkan sebelum 2018, tapi setelah pindah ke Bandung adalah Olah raga rutin. Apa saja. Mau lari, mau jalan  doank, mau Zumba, intinya ini kalori saya harus terbakar.

2018 saya sih cuma pengen olah raga rutin aja tanpa embel embel ngurusin badan lagi (cape juga soalnya ga kurus-kurus). Olah raga karna pengen sehat aja, biar gerak dikit nih badan.

Soal makanan juga ga pengen makan yang sembarangan lagi soalnya makin kesini makin tau deh akibat makanan itu dirasakan bertahun tahun sesudahnya. Pengen hidup lebih berarti dan bermakna aja. Katanya dengan sehat hidup jadi lebih berarti. Ya iya ya kl sakit kan susah ngapa-ngapain. Saya sih kalau sakit yang kepikiran cuma anak-anak. Kasian ga ada yang nemenin main, nemenin belajar. Ya ga? 

#7
Hobby

Menurut saya salah satu penyebab kerungsingan yang kadang kita alami, kerungsingan yang ga jelas sebab musababnya. Salah satu penyebabnya adalah kita kurang menyalurkan hobi kita. Kita kurang atau bahkan ga melakukan hal-hal kita suka. Coba deh perhatiin sendiri. Saya sih merasanya gitu. Saat saya ngga melakukan apa yang saya suka dlm seminggu atau bahkan dua minggu saya pasti akan rungsing sendiri, kaya merasa ada yang kurang, ada yang kosong. 

Pengalaman saya selama saya di Jakarta, hidup jauh dari keluarga, tinggal di kamar kos-kosan yang cuma ukuran 3x3mtr.  Ga ada TV. Ga ada DVD buat nonton. Rutinitas saya cuma kantor-kosan setiap harinya. Ya makin sama temen sesekali doank. Ga bisa menjalani hobi, karna ga ada waktu juga sampai kosan sudah terlalu lelah. Yang terjadi adalah (yang saya pikir belakangan ini) pelarian saya dari "kerungsingan" itu adalah Belanja. Tapi bener loh setelah saya pindah ke Bandung, hasrat belanja saya berkurang drastis.

Jadi menurut saya to make a happy life ya kita harus menjalani hal-hal yang positif yang kita senangi, hobby kita. Tahun ini pengen punya waktu 1 hari aja khusus untuk menyalurkan hobby-hobby. 1 Hari untuk Crocheting, 1 hari untuk menulis bloh (yang sudah lama saya tinggalkan ini). Apapun hal hal postif yang menyenangkan. Yang memberikan kontribusi positif buat perkembangan jiwa saya hehehe.

#8
Work & Carrer

Untuk pekerjaan saya bukan orang yang punya cita-cita tinggi untuk suatu jabatan. Bisa menjalankan pekerjaan sesuai yang ditugaskan saja saya mah sudah syukur. Datang ke kantor ga terlambat, alhamdulillah banget. Punya hubungan baik sama temen-temen paling utama biar kerja tetep nyaman, kebayangkan kalo saya jadi orang yang nyebelin dan di benci temen sekantor sementara saya bakalan bekerja sama mereka buat 25 tahun kedepan. Bayangin 25 tahun. 5 Tahun saja sudah ketemu titik jenuh. Nah saya mah ga muluk-muluk soal kerjaan. Punya semagatkekantor aja udah pencapaian hahahaha. 

Sebenernya ya saya berniat untuk S2 lagi tahun ini. Semoga ada jalanya sih. Untuk apa? ya selain nambah ilmu dan pengalaman lumayan pangkat saya juga cepet naik nantinya. Kenaikan pangkat berimbas pada kenaikan gaji tentunya. Tetep ya UUD (Ujung-Ujungnya Duit hahahahhaa) #keepitreal

Oya gimana soal bisnis gimana? tahun lalu saya kan sudah planning untuk menjalankan bisnis Chic & Crochet bahkan saya sudah persiapkan semuanya sampai dengan websitenya walaupun belum launched, karena produk-produknya belum terisi, terhambat dengan proses kepindahan saya. Tahun ini rencananya saya coba untuk mulai. Semoga sih terlaksana. Aamiin.

#9
Fun & Recreation

Impiannya sih pengen travel ke luar negeri sekeluarga. Tapi saya ga muluk muluklah karna kebetulan suami saya bukan tipe yang suka jalan-jalan dan bukan yang suka traveling. Kalaupun mau ya yang domestik juga alhamdulillah. Ya ga ke luar kota ya yang dalem kota aja juga udah seneng asal anak anak seneng.

Saya sih ngajak anak anak jalan jalan bukan cuma buat nyenengin mereka tapi buat ngasih mereka pengalaman baru yang bisa nambah wawasan mereka, memancing curiosity mereka sehingga mau belajar lagi, dan mengajarkan mereka kalau dunia mereka itu bukan tentang diri mereka saja, bukan mereka dan adik/kaka, ibu, bapa, oma, kukung uti, bukan mereka dan keluarga mereka saja, tapi banyak hal diluar sana yang patut mereka tahu juga.

#10
Physical Environment

Yang terakhir. Kenapa ya bagian ini masuk dalam resolusi saya tahun ini? hahaha diceritain panjang sebenernya asal muasalnya. Karena kaya kejadian beruntun sih. Intinya saya pengen hidup mengurangi "obesistuff" yang menyebabkan saya ga tau lagi nyimpin barang dimana. Hahaha saya pengen lebih konsisten dalam soal ngrapiin rumah, dari hal kecil misalnya naro barang ditempatnya, nata barang supaya gampang diambil/dicari saat dibutuhkan. Ya pokoknya Rumah harus rapih dan bersih layangnya rumah rumah idaman di Instagram hahahaha.

***

Dipikir-pikir banyak juga capaian dan target saya ya, padahal tadi bilang ga pengan apa-apa hahaha. Iya maksudnya tahun ini saya ga ada kepikiran pengen kemana, seperti tahun lalu yang pengen pindah ke Bandung, atau beli apa gitu. Ngga, Mhhh walaupun kalau bebelian mah pasti selalu ada yang dipengen. Makanya saya ga taro lagi dalam resolusi karna menurut saya sih tar juga kebeli aja hahaha. 

Tahun ini sih saya lebih ke pengembangan diri, supaya jadi pribadi yang lebih baik. Jadi istri yang lebih baik, jadi ibu yang yang lebih baik buat anak anak, jadi anak yang lebih baik buat mama (orang tua saya satu satunya yang saya punya saat ini), jadi sodara yang lebih baik buat kaka dan adik saya, jadi teman yang lebih baik. Pokoknya lebih lebih baik lagi, dengan belajar lebih lebih baik lagi.

Resolusi kalian apa nih?



No comments:

Post a Comment