Saturday, December 30, 2017

Resep Jengkol Goreng Ikan Teri Sambel Ijo


Setelah nonton film Si Juki kemarin saya tiba-tiba teringat dengan Resep Jengkol favorite yang pernah saya buat yang saya dapat dari seorang temen. Jengkol Goreng Ikan Teri Sambel Ijo. Jengkol termasuk menu moodboster saya, penambah nafsu makan (kebayang kan ga pake jengkol aja nafsu makannya udah tinggi apalagi pake jengkol hahahhaa)


Diet saya bisa gagal hanya karna jengkol loh. Jadi saya pernah diet karbo alias ga makan nasi dan  segala macam bentuk karbo. Tapi suatu hari saat saya pergi ke Pasar setiap minggunya, saya lihat Jengkol bertengker disalah satu tumpukan sayur, kemudian seakan-akan dia memanggil-manggil ah menggoda hahaha. Akhirnya saya beli donk tuh jengkol cuma sedikit aja karna dirumah yang makan cuma saya dan suami. Naahh jengkol udah dibelii, permasalahanya ga mungkin kan saya makan jengkol ga pake nasi. Menu lain sih bisa saya makan tanpa nasi nah kalo jengkol?? wajib banget pake nasi, alhasil Bubye Diet. See you next time deh pokoknya hahahaha.

Tapi memang hidup beragam ga semua orang loh suka jengkol. Katanya jengkol kaya bau kaos kaki yang udah ga dicuci berbulan bulan hahaha mereka ga tau aja sensasi makan jengkol saya rasa. Dan setelah nonton film Si Juki kemarin saya rasa mereka juga perlu nih nonton film Si Juki biar sedikit berubah pemikirannya tentang Jengkol dan mungkin mau sedikit mencoba jengkol (hahahaha tetep maksa)

Di film si Juki, si juki yang suka banget sama jengkol itu gara-gara makan jengkol bisa menghasilkan energi yang bisa menerbangkan kapal ulang-alik keluar angkasa. Jadi terjawabkan betapa spesialnya Jengkol. Ternyata jengkol bisa menghasilkan energi yang sangat besar hahahahah.

Bahas bahas mengenai jengkol dari beberapa resep jengkol di balado, di semur ini salah satu favorite saya. Jengkol Jengkol Goreng Ikan Teri Sambel Ijo. Berikut Resepnya ya gengs (gengs yang suka jengkol juga hahaha)

#1 BAHAN

Jengkol 
Teri
Cabe rawit hijau
Bawang Merah
Bawang Putih
Tomat
Gula
Garam
Kopi

#2 CARA MEMBUAT

Pertama jengkol di rebus dulu bersama kopi, biar empuk dan ga bau. Setelah matang dan empuk (sampai si kulit mengelupas dengan sendirinya), angkat jengkol kemudian goreng.

Goreng ikan teri setengah matang

Ulek bumbu cabe rawit, bawang merah, bawang putih.

Panaskan minyak kemudian tumis bumbu yang diulek sampai matang, setelah matang masukkan tomat, lalu jengkol, ikan teri, beri air sedikit (jika ingin agak basah) kemudian masukkan gula dan garam secukupnya. 

Setelah matang dan bumbu tercampur dengan rata angkat jengkol dan siap di sajikan.

***

Nah itu deh resep jengkolnya silahkan mencoba.


No comments:

Post a Comment