Sunday, November 19, 2017

BUNAKEN SHORT TRIP.



hello genks, akhirnya ini untuk kedua kalinya saya ke Manado. Waktu dapat tawaran untuk ke Manado saya excited banget karna menurut saya manado kota yang menyenangkan dan tentu saja dengan pantai pantainya. Memang pantai-pantai di indonesia timur tuh kalau menurut saya never failed deh pokok ya. Biru airnya. Pemandangannya. Pasirnya. Terutama Bunaken dan seluruh keindahan biota lautnya. Bikin nagih buat dateng lagi dan lagi.


Saya ke Manado kali ini tidak sendiri. Kami datang berlima. Tentu saja keseruannya semakin bertambah dan biaya juga semakin bisa ditekan kaannn??  hahahaa (tetep prinsip ekonomi ibu ibu). Daan Karena perjalanan ini sebenernya diiringi dengan pekerjaan. Jadi the first thing we do tentunya ya kita harus lakukan adalah pekerjaan dulu doonk. Yaaa walaupun memang Bunaken is our main purpose. Hahaha tak dapat dipungkiri ya kalau udah ke manado masa ga ke bunaken.

Hari pertama kita menyelesaikan tugas tugas terlebih dahulu dengan berkeliling dari satu kabupaten ke kabupaten. Manado ternyata bukan saja kota yang dihiasi dengan laut dan pantai yang indah tapi juga dikelilingi oleh gunung. Sepanjang perjalanan kami menuju kab. Bitung lalu tondano pemandangan yang kami lihat sepanjang perjalanan adalah pohon-pohon dan gunung gunung dengan udara yang segar..

Hari kedua, seharusnya pagi itu kami harus menemui orang daerah setelah itu baru rencananya kita menyebrang ke bunaken. Tapi karna pada hari itu kebetulan sekali orang yang akan kita temui tidak bisa ditemui dikarenakan beliau punya acara lain akhirnya kami loncat ke acara selanjutnya. Bunakeeennn. Yap, Bunaken!


Setelah sarapan pagi, mengeyangkan perut sebelum kami berendam rendam di pantai bunaken kami pun berangkat dengan hati yang riang karena ini hari yang kami dambakan (eaa laguu). Kami pergi menuju ke dermaga calacas. Disana tempatnya kapal-kapal boat yang membawa penumpang yang ingin menyebrang ke Bunaken. Baik penumpang wisata maupun penumpang warga masyarakata bunaken. Untuk tarif kapal bervariasi tergantung kapal yang kita naikin. Disana ada disediakan kapal taxi (mereka menyebutnya seperti itu) ada juga kapal speedboat private.

Kapal taksi itu kapal yang mengangkat penumpang yang beramaia-ramai, atau istilah lain sih kapal kongsian. Tarif perorangnya Rp.50.000 untuk sekali perjalanan. Tapi sayangnya kapal ini hanya jalan membawa penumpang di sore hari pada pukul 15.00 WIT. Yaa sayang bangetkan kita ga mungkin naik kapal itu karna berarti kita harus menunggu sampai sore. Dan ga mungkin kita mulai bersnorkling disore hari karena lagi musim hujan begini sore sore yang ada diguyur hujan. Dan memang biasanya kapal taxi itu diperuntukkan untuk wisatawan yang ingin menginap disana karna dibayar sekali jalan. Menginap? Loh ternyata disana terdapat penginapan juga ya? Iya ternyata di bunakennya itu terdapat peninapan dengan tarif rata rata Rp.200.000-Rp.250.000 permalam cukup hemat daripada kita menginap di manadonya dan kita kalau menginap disana bisa menikmati bunaken lebih lama juga tentunya.

Balik lagi kesoal persewaan kapan speedboad-an dikarenakan kami tidak mungkin berangkat sore dikarenakan waktu yang mepeet peet peeet (hehehe) akhirnya kami menyewa kapal speeadboad untuk private. Daaaan beruntungnya karena kami pergi beramai-ramai jadi biaya sewa speedboad yang bisa dibilang lumayan mahal untuk ngga begitu berat. Sewa satu kapal untuk sekali nyebranng bolak balik Rp. 1.350.000,- tetapi masih bisa ditawar dan akhirnya kami dapat dengan harga Rp.1.000.000,- dan perorang kami hanya membayar Rp.200.000 perorang untuk perjalanan pp. Terhitung lebih murah untuk sebuah kapal speedboad private tp lebih mahal daripada kapal taxi. 

Selama diperjalanan kami disuguhi pemandangan yang serba biru. Air laut yang biru, awan yang biaru, Pokoknya bikin seger mata. Perjalanan selama 45 menit pun tidak terasa karna kita bener-bener nikmati pemandangan menuju kesana.



Setelah sampai di bunakennya kami siap-siap untuk bersnorkling. Kapal boat yang kami sewa akan membawa kami ke tengah laut sehingga kami bisa menikmati biota lau. Melihat ikan ikan dan terumbu karangnya. Oyaa, karena kami tidak membawa peralatan snorkling seperti google dan sepatu katak akhirnya kamipun menyewa peralatan disana tersedia alat penyewaan pakaian diving, peralatan snorking smpai kamera untuk foto-foto. Tapi kalau kalian punya sih lebih baik bawa sendiri. Untuk sewa baju, google dan sepatu katak itu biayanya 150rb. Dan kita sudah dibonusin pendamping untuk snorkling hehe.  


MasyaAllah.. MasyaAllah.. cuma bisa ngucap itu saja sepanjang perjalanan menuju ke tengah pantai melihat indahnya pantai  bunaken dengan air yang jerniiih super jernih sampai apa yang ada dibawah laut terlihat dari atas. Dan terlebih lebih begitu mulai snorkling ga berhenti berhenti takjub dengan kuasa Allah SWT dengan ciptaannya. Biota bawah laut mayaallah indahnya. Dalam hati sambil berenang menyusuri pantai saya cuma bisa bilang Alhamdulillah Ya Allah terima kasih sudah dikasih kesempatan dateng kesini melihat ciptaanmu yang super indaah. Karna keasyikan melihat keindahan biota laut yang bikin damai ternyata tanpa sadar saya sudah berenang hampir 3km sampai kapal boat kami menyusul saya. Dan akhirnya saya harus kembali kedaratan karna teman-teman sudah mulai laper. Sayang sekali. Padahal jujur saya masih betah. Tapi alhamdulillah sudah cukup puas.



Oya ini sebenernya pengalaman pertama saya bersnorkling. Awalnya agak takut karena saya blm pernah sebelumnya berenang dilaut yang dalam pula. Tapi disana kita ditraining dulu sebelum bener bener bersnorkling dan berenang dilautan. Oya selama saya berenang yang hampir 3km itu saya tidak sendiri. Tetapi ditemani dengan pendampingnya.

Kalau ditanya mau ke Bunaken lagi ga? 
Mauuu... Mauu Banget.. nget.. ngett

Bersyukur banget dikasih kesempatam untuk mengunjungi beberapa tempat indah di Indonesia. Dan sebenernya wisata indonesia itu banyak sekali yang indah indah tapi memang sayangnya ongkosnya yang mahal, hampir sama dengan keluar negeri. Jadi mungkin beberapa orang akan memilih untuk pergi ke luar negeri. Gengs, trust me kalo punya duit banyak abisin aja dulu wisata di Indonesia. Baru deh keluar negeri. Petualangan beda banget. 

Dan masih banyak tempat yang pengen dikunjungi salah satunya raja ampat, sumbawa. Semoga kesampean. Aamiin #wishlist


No comments:

Post a Comment